Selasa, Januari 03, 2017

Karakterk Utama Yang Harus Dimiliki Pemimpin Ideal

loading...


Mengingat Pilgub Jakarta Tahun 2017 Sebentar lagi PemudaBanget bakalan ngebahas tentang Karakterk Utama Yang Harus Dimiliki Pemimpin Ideal nah mari kita simak terhadap calon - calon gubernur kita yuk


1. Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Cerdas dan Tegas

Kecerdasan adalah point utama yang idealnya harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Kecerdasan merupakan point utama yang menentukan seberapa baik langkah yang diambil oleh seorang pemimpin jika dihadapkan oleh suatu masalah rumit. Pemimpin ideal adalah pemimpin yang cerdas dan tegas dalam membawa diri yang didukung dengan keunggulan berfikir dan peka terhadap hal-hal lingkungan sekitar. Dalam menjalankan tugasnya, seorang pemimpin yang ideal akan mampu berpikir fleksibel dan memiliki ide-ide kreatif dan inovatif untuk keberlangsungan kepentingan rakyatnya.

2. Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Berinisiatif dalam tindakannya


Tidak hanya cerdas, pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang berani berinisiatif jika dihadapkan dengan suatu masalah. Inisiatifme diri jelas dibutuhkan oleh seorang pemimpin demi terciptanya solusi yang bersifat nyata dan menjanjikan. Pemimpin yang berinisiatif adalah pemimpin yang mampu menggerakkan dirinya sendiri terlebih dahulu untuk memulai segala sesuatunya tanpa adanya paksaan. Dengan sifat inisiatif yang ada dalam diri pemimpin, kekuatan diri dari tiap anggota untuk menjalankan misi rakyat pun akan terjamin dengan baik.

3. Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Bertanggung jawab apa yang diperbuat
Bertanggung jawab berarti berani untuk menanggung dampak dari segala keputusan yang timbul akibat tindakan yang telah dilaksanakan. Selain cerdas dan berinisatif, seorang pemimpin yang ideal tentunya perlu memiliki sifat bertanggung jawab. Pengambilan keputusan terhadap cara kerja dan pelaksanaan misi suatu rakyat tentunya diputuskan dengan tidak terburu-buru. Pemimpin yang bertanggung jawab adalah pemimpin yang tetap teguh dan mampu berfikir taktis untuk menerima segala resiko yang timbul dari keputusan yang diambil.

4. Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Dapat Dipercaya

Karakter yang satu ini tentunya timbul dari seberapa berhasilnya seorang pemimpin dalam menggerakkan anggotanya dan bijak dalam mengambil keputusan. Pemimpin ideal adalah pemimpin yang tanpa perlu berfikir ulang, anggotanya akan dengan kesungguhan hati mampu mempercayai pemimpin tersebut untuk mengambil keputusan. Pemimpin yang dapat dipercaya adalah pemimpin yang mampu mendamaikan hati semua anggota. Dengan pemimpin yang dapat dipercaya, setiap anggota akan merasa lebih terpacu untuk menyatukan hati dan menciptakan keseragaman rakyat demi terciptanya keutuhan.

5. Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Jujur

Kejujuran dalam diri seseorang tentunya menjadi point khas dan utama yang harus dimiliki oleh seorang manusia, terutama oleh seorang pemimpin. Pemimpin yang jujur menjanjikan keterbukaan dan keluwesan dalam memberikan segala informasi yang mencakup kepentingan rakyat. Kejujuran yang ada dalam diri seorang pemimpin akan menjadi ciri khas tersendiri yang mampu diandalkan oleh anggota. Pemimpin ideal dengan tingkat kejujuran tinggi akan mendapatkan kepercayaan yang luas dari rakyatnya.

6. Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Rela Berkorban

Rela berkorban berarti rela menerjunkan diri dalam kepentingan rakyatnya dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Pemimpin yang rela berkorban akan mampu memfokuskan diri untuk mencapai visi rakyat secara detail. Sifat rela berkorban ini pun tentunya harus didasari dengan kecerdasan dan kebijakan dari seorang pemimpin. Pemimpin ideal yang rela berkorban akan mampu mengambil keputusan secara tepat tanpa merugikan banyak pihak.

7. Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Dicintai dan Mencintai Rakyatnya

Cinta hadir dalam diri seorang pemimpin yang ideal dan juga rakyat yang dipimpinnya. Segala bentuk tingkah laku yang hadir dari seorang pemimpin yang ideal akan selalu diiringi dengan unsur cinta yang akan meminimalisir bentuk kecurangan juga hal-hal buruk lainnya. Rakyat yang dipimpinnya pun akan mampu mencintai pemimpin tersebut tanpa adanya unsur paksaan yang berlebih. Pemimpin yang ideal jelas akan mampu menciptakan tindakan dengan cinta yang terkoordinir rapih untuk kemajuan.

Baca Juga : Ciri - Ciri Pemimpin Yang Tidak Ideal

Setelah membaca artikel di atas, tentunya kita bisa mengetahui Karakterk Utama Yang Harus Dimiliki Pemimpin Ideal. Seorang pemimpin bukanlah manusia sempurna namun, seorang pemimpin yang ideal dituntut untuk mengusahakan kesempurnaan untuk kemajuan visi rakyatnya. Jadilah pemimpin ideal!



EmoticonEmoticon