Sabtu, Juli 21, 2018

Potensi Apakah Yang Akan Dikembangkan Melalui "Waktu Berkualitas"?

loading...

Potensi Yang Didapat Anak Berusia 3 Tahun Yang Akan Dikembangkan Melalui Quality Time
Potensi Apakah Yang Akan Dikembangkan Melalui "Waktu Berkualitas"? - Perasaan yang stabil serta pengalaman dalam perasaan aman karena dicintai oleh ibu berhubungan dengan dasar kemampuan nyata yang diperlukan di masa kanak-kanak. Berikut potensi yang dapat dikembangkan melalui "quality time":
  1. Sensitivitas
  2. Imajinasi
  3. Daya Konsentrasi
  4. Kemampuan berpikir secara logis
  5. Percaya diri
  6. Kemampuan mengobservasi 
Kepercayaan diri merupakan dasar dari semua keterampilan yang diperlukan di masa kanak-kanak. Berikut penjelasan mengenai potensi yang dapat dikembangkan melalui quality time/waktu berkualitas.
  • Percaya Diri 
Apabila ibu memberikan pujian atas tingkah lakunya, sang anak akan terlihat bahagia. Rasa penegasan diri yang lahir dari pengalaman ini desebut "self esteem/percaya diri". Kepercayaan diri merupakan dasar dari semua keterampilan yang diperlukan di masa kanak-kanak. Rasa senang karena pujian sang ibu akan memotivasi untuk "ingin lebih mencoba" dan mendorong pertumbuhan anak. Mohon dipastikan untuk memberi "waktu berkualitas" seperti itu.
  • Sensitivitas 
Kemampuan untuk merasakan juga mengekspresikan emosi seperti "sepertinya menyenangkan","bahagia", dan lain lain akan tumbuh dengan mempersepsikan kalimat yang emosional serta onomatope dengan resonansi suara menarik yang kerap muncul di dalam komunikasi antara anak dengan ibu.
  • Imajinasi 
Dengan membaca buku bergambar atau memainkan permainan sang anak akan masuk ke dalam dunia bermain. Agar dirinya dapat berakting menjadi sebuah karakter, sang akan akan memutar otak untuk mengembangkan imajinasinya.
  • Daya Konsenstrasi 
Sekarang adalah periode ketika minat anak cepat berubah karena rasa penasaran. Akan tetapi, sang anak akan langsung terbenam penuh keasyikan dalam permainan yang disukainya. Kemudian, secara bertahap bidang yang disukainya akan tumbuh. Ketika mulai fokus pada hal yang disukai, secara bertahap anak akan dapat meningkatkan konsentrasi.
  • Kemampuan Berpikir Secara Logis 
Dalam permainan akan terambah pertanyaan-pertanyaan "ini apa?","kenapa?". Dari jawab yang diberikan ibu, pengetahuan anak akan bertambah dan diharapkan muncul jawaban dari anak, "ini pasti menjadi seperti ini." Perasaan senang ketika sesuai dengan harapan akan, menumbuhkan kemampuan berpikir.
  • Kemampuan Mengobservasi
Hewan, tumbuh-tumbuhan, makanan dan perlengkapan hidup kerap muncul di buku bergambar dan mainan. Ketika menemukan hal baru, setiap kali melihat barang yang sudah diketahuinya, anak akan memberi tahu sang ibu. Biasanya dengan cara menunjuk dengan jarinya. Ibu akan menanggapinya dengan senang dan meningkatkan kemampuan mengobservasi.

Demikianlah artikel mengenai Potensi Yang Didapat Anak Berusia 3 Tahun Yang Akan Dikembangkan Melalui Quality Time semoga artikel ini bermanfaat untuk ibu-ibu yang sedang mengalami tahap ini. Terima Kasih.


EmoticonEmoticon