Sabtu, Desember 31, 2016

7 Kunci Sukses Untuk Menjadi Kaya Materi

loading...


Kali ini Pemuda Banget Bakalan Bahas 7 Kunci Sukses Untuk Menjadi Kaya Materi mari kita lihat cara- caranya

1. Mulailah menggemukan pundi-pundimu

 
Berapapun incomemu tabung minimal 1/10 dari pendapatanmu (tidak usah terlalu ambisius, cobalah dulu 1/10 untuk diawal, kalau 1/10 tidak masalah, naikan secara bertahap). Tabung selalu di awal terima uang, bukan setelah terima uang, dibelanjakan, sisanya baru ditabung. Pasti habis tidak bersisa, tidak jadi menabung. Pertanyaan pertama pasti, income saya sudah sedikit, bagaimana mungkin saya menabung? Cobalah, begitu menerima gaji, tabung 10% dari gajimu ke tempat yang tidak bisa diambil (kalau bank, yang tdk ada ATM-nya sekalian, cabangnya sedikit pula) secara ajaib, manusia memiliki kemampuan beradaptasi. Termasuk beradaptasi dengan income-nya. ternyata uang senang berkumpul dengan uang. Sehingga semakin sering kita menabung, uang datang semakin mudah.

2. Kendalikan pengeluaranmu


Berapapun gaji tidak pernah cukup, banyak orang gaji UMR merasa tidak bisa menabung, tapi banyak juga orang bergaji 10x bahkan 30x UMR tidak bisa menabung. Kenapa beda gaji, tapi hasil sama? Sama – sama tidak bisa menabung? Karena pengeluaran yg kita anggap perlu, selalu naik mengikuti gaji kita. Kita selalu kesulitan membedakan, mana yang perlu, dengan keinginan – keinginan kita. Pertanyaannya pasti… saya ini hidup untuk bahagia, untuk bebas, tidak mau diperbudak oleh hidup hemat. Kemampuan menunda menikmati hasil adalah kunci orang sukses. Anak2 yang bisa menahan 30 menit tidak memakan 1 buah permen untuk mendapat hadiah 1 buah permen tambahan pada percobaan di laboratorium, di kemudian hari terbukti secara signifikan lebih sukses dalam hidupnya, dibanding anak2 yang langsung memakan 1 buah permen, tanpa memperdulikan hadiah 1 buah permen tambahan. (kesimpulan, setelah ini, ajari anak Anda menahan keinginan makan 1 permen dan menunggu 30 menit untuk dapat permen tambahan… hehehe). Petani yang terjebak sistem ijon, tidak pernah Sukses. Orang yang rajin menabung dan hidup hemat, terbukti Sukses Materi di hari tua-nya. Belanja harus selalu tertulis, pisahkan mana yang benar-benar perlu, dan mana yang keinginan tidak perlu.

3. Lipat gandakan emas kalian


Ini adalah kunci dari 7 kunci keSukses Materian ini. Investasikan pundi-pundi kita. Hasil investasi harus diinvestasikan lagi. Hasil investasi dari hasil investasi harus diinvestasikan lagi, dst. Compounded Rate merupakan kunci keSukses Materian investor terSukses Materi saat ini. Warren Buffet (WB). WB Sukses Materi bukan karena mendapat lotere atau menemukan harta karun, tapi WB berinvestasi sejak muda, dengan tingkat pendapatan setara hanya 21,6 % setahun. 21,6 % setahun ini dalam 50 tahun waktu investasi WB, bukan 21,6 % x 50 = 1080 % tapi 21,6 % dalam 50 tahun adalah 1.826.163%. mencapai 21,6 % per tahun dalam 1 tahun, mudah, tapi dalam 50 tahun tidak mudah. Sebagai gambaran S&P 500 hanya 9,9% per tahun dalam 50 tahun terakhir. Bunga deposito di Indonesia sekarang 5,5% – 7,25% per tahun. Deposito untuk langkah awal bagus. Tapi teman2 juga harus mulai mencari alternatif yang AMAN untuk langkah selanjutnya.

4. Jaga harta kalian agar tidak lenyap


Investasilah di tempat-tempat yang aman, tidak mendapat hasil investasi lebih baik daripada kehilangan pokok investasinya. Kalau jaman sekarang, jangan silau dengan money game yang menjanjikan hasil 5% – 10% per bulan. berdasar pengalaman saya investasi selama ini, pedoman saya berinvestasi adalah partner yang berkarakter baik, bisnis yang sudah berpengalaman 5 tahun atau lebih, dan pengembaliannya masuk akal. Masuk akal maksudnya adalah tidak terlalu tinggi dari bunga pinjaman bank. Kalau terlalu tinggi, misal 20% lebih setahun, mestinya dia pinjam ke bank daripada ke investasi kita. Kalau dia tidak bankable, atau tidak layak perbankan. Berarti tidak pantas juga kita tempatkan pundi2 tabungan kita ke dia. Perbankan adalah orang – orang yang paling pintar menghindari resiko. Kita tinggal ikut saja di belakang orang – orang perbankan. Awal2 saya investasi (2008) adalah membuat kos, sejak 2009 saya banyak berinvestasi di minimarket Indomaret sampai sekarang. Sekarang imbal hasil investasi saya rata2 adalah 13,35% per tahun, dengan tingkat keamanan yang saya yakini cukup tinggi, karena investasi saya, selalu ada aset propertynya sebagai jaminannya. (suatu hari saya detailkan pengalaman investasi saya, kalau di sini, terlalu panjang).
Ini adalah dasar – dasar investasi, setelah teman2 mahir (minimal 5 tahun investasi), boleh untuk mencoba investasi ke bidang – bidang yang lebih beresiko dengan nilai kecil2an untuk awalnya. Untuk bagian ini, selalu DISCLAIMER ON. Resiko tanggung penumpang.

5. Jadikan tempat tinggalmu sebagai investasi yg menguntungkan


Miliki rumah sendiri, jangan sewa. KPR lebih bagus daripada sewa. Investasi di tanah lebih baik daripada di bangunan. Nilai bangunan turun terus, nilai tanah relatif naik terus.

6. Buatlah pendapatanmu di masa depan terjamin


Kita tidak tahu masa depan, tapi kita harus mempersiapkan masa depan. Pastikan bahwa di hari tua, income selalu ada walaupun kita sudah pensiun. Ingat… income selalu ada, bukan harta yang ada. Harta bisa dirampok, bisa hilang, bisa ditipu, tapi selama ada income yang datang secara teratur. Hidup kita dan keturunan2 kita terjamin.

7. Tingkatkan kemampuan kalian untuk memperoleh pendapatan


Selalu belajar segala hal, untuk meningkatkan kemampuan kita mencari investasi2 yang baik dan aman untuk kita
Apa yang terjadi pada saya? Saat ini saya tetap pengusaha (setelah berdarah2 dan mandi air mata bertahun2… hehehe). Income dari bisnis saya hanya 20% dari income investasi saya. Sementara bisnis saya menghabiskan 80% dari waktu saya. Apakah saya tidak ingin berbisnis? Saya akan tetap berbisnis, karena saya suka bidang tersebut, dan saya mempunyai karyawan2 yang harus saya jaga kepastian incomenya. Karena enaknya investasi, saya menyarankan teman2 menabung dan berinvestasi. Rasakan enaknya investasi.
Jadi jalan untuk Sukses Materi, menurut pengalaman saya, adalah menjadi Investor sesuai 7 kunci keSukses Materian “the richest man in the babylon” ini, bukan dengan coba2 membuka usaha. 9 dari 10 bisnis tutup di tahun pertama. Fokus saja menjadi yang terbaik di pekerjaan kita masing2 (ada kan gaji karyawan 500 juta sebulan, orang bisnis yang profitnya kurang dari 10 juta sebulan banyak sekali), dan fokuslah membangun pundi2 kita.
Masih ingin coba2 buka toko/cafe/kuliner…. atau mending fokus ke investasi? hidup penuh pilihan…

Demikian Artikel mengenai 7 Kunci Sukses Untuk Menjadi Kaya Materi

Jangan bekerja untuk uang…. buat uang bekerja untuk kita.
Selamat menabung dan investasi Sob!


EmoticonEmoticon